beritapasti.com – Kamu baru lulus SMP dan masih bimbang harus meneruskan ke tingkatan pendidikan seterusnya? Bila iya, tidak ada kelirunya untuk meneruskan pendidikan ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Apalagi, bila kamu punyai harapan ingin selekasnya bekerja.

Lantas, apa, sich keunggulan sekolah di SMK ? Inilah sejumlah keunggulan SMK yang dapat jadi alasan kuat, kenapa kamu harus meneruskan pendidikan di situ. Cek it out!

Alasan Kenapa Kamu Harus Masuk SMK

Banyak keunggulan yang dipunyai oleh SMK. Berikut salah satunya:

Opsi Jurusan yang Berbagai ragam

Di SMK, terdapat berbagai ragam opsi jurusan yang dapat kamu tentukan. Kamu bisa pilih jurusan yang sesuai spirit dan kemauanmu. Kamu yang telah oke untuk pilih sebuah jurusan, dapat mempelajari sektor itu karena pendidikan di SMK lebih fokus pada ketrampilan praktikal yang diperlukan di dunia industri.

Konsentrasi pada Sektor Tertentu

Dengan bersekolah di SMK, kamu dapat belajar secara konsentrasi untuk kuasai sektor tertentu. Ini jadi keunggulan tertentu yang dipunyai oleh SMK. Kamu tidak butuh kebingungan dengan beberapa keilmuan yang perlu didalami, karena kamu lebih konsentrasi untuk pelajari ketrampilan pada sektor tertentu dengan optimal.

Baca Juga : 9 Jurusan SMK Yang Gampang Dapat Pekerjaan

Lebih Praktikal

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, evaluasi di SMK condong lebih praktikal. Tersebut kenapa, SMK pas untukmu yang kurang menyenangi teori serta lebih sukai praktek, ingat di SMK semakin banyak evaluasi praktek dibanding teori. Diperlengkapi dengan Link and Match

Di SMK, ada evaluasi dengan wacana link and match.

Link and match memiliki makna menyambungkan dunia pendidikan vokasi dengan dunia industri/kerja. Ini mempunyai tujuan supaya alumni SMK memiliki ketrampilan kerja sesuai keperluan industri. Disamping itu, dengan link and match, alumni SMK bisa juga memperoleh pengalaman yang oke. Ditambah dengan pengalaman magang dan kelas industri, alumni SMK dapat semakin gampang masuk ke dunia kerja.

Evaluasi Berbasiskan Project (Proyek Based Learning)

Salah satunya keunikan dari SMK ialah Evaluasi Berbasiskan Project ataupun lebih dikenali Proyek Based Learning. Sistem evaluasi ini diaplikasikan di SMK, khususnya saat penerapan program PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau magang. PKL ialah aktivitas praktek yang dilakukan oleh pelajar SMK sepanjang beberapa waktu. Program ini dilakukan secara langsung di perusahaan atau industri, contohnya di SMK terakreditasi.

Dari aktivitas PKL itu, pelajar dapat pelajari beragam hal yang terkait dengan sektor kapabilitas yang diambil. Apalagi, pelajar SMK bisa juga belajar kerjakan project riil di dunia industri. Disamping itu, pelajar SMK bisa meng ikuti Teaching Faktory (TeFa) yang disebut ide evaluasi di SMK berbasiskan produksi atau jasa dengan referensi standard dan proses yang digerakkan di industri. Dengan begitu, pelajar SMK bisa mendapat pengalaman belajar yang berkaitan. https://beritapasti.com/

Alumni Siap Kerja

Lewat evaluasi di SMK, pelajar dipersiapkan menjadi alumni siap kerja. Pelajar akan diberi beragam ketrampilan khusus yang sesuai program ketrampilan yang dipelajari. Jatah aktivitas praktek lebih besar ataupun lebih banyak, jadikan pelajar SMK lebih trampil pada sektornya.

Kesempatan Kerja dan Wiraswasta Lebih Besar

Biasanya, tiap SMK sudah merajut kerja sama dengan perusahaan yang sesuai sektor kapabilitas yang ada di SMK itu. Bekerja sama itu berbentuk penerapan program PKL/magang, Kelas Industri, TeFa, sampai Lawatan Industri. Umumnya, pelajar yang memiliki performa yang bagus bisa diambil oleh perusahaan itu.

Bukan hanya diprioritaskan untuk bekerja, SMK memiliki program BMW (Bekerja, Meneruskan, dan Wiraswasta). Maknanya, pelajar bukan hanya diberi ketrampilan untuk bekerja, tapi juga dikasih perbekalan, supaya alumni SMK bisa berwiraswasta atau meneruskan ke pendidikan lebih tinggi. Dengan berwiraswasta, alumni SMK bisa buka lapangan pekerjaan baru yang tentu saja berguna untuk beberapa orang.

Panduan Pilih Tempat Magang untuk Pelajar SMK

Ketika menjadi pelajar SMK, pasti kamu diharuskan untuk meng ikuti magang atau PKL. Nach, kamu harus memastikan untuk pilih tempat magang yang sesuai sektor kapabilitas yang kamu pelajari di SMK. Disamping itu, kamu harus juga pilih perusahaan yang dapat dipercaya supaya pengalaman magang semakin memiliki makna.

Nach, salah satunya tempat terbaik untuk magang ialah SMK terakreditasi. Di sini, kamu dapat melakukan magang jarak jauh dan bebas pilih durasi waktu magang. Sektor kapabilitas yang berada di SMK juga berbagai ragam, dimulai dari Programming, Art dan Illustration, 3D Creation, Akuntansi dan Keuangan, Sales dan Pemasaran, Video dan Animation, Quality Assurance, sampai Bahasa dan Sastra.