Bila Kalian Tertarik untuk kuliah di luar negeri, terutama di beberapa negara yang dekat teritori Indonesia? Malaysia populer dengan rekam jejak dan kualitas pendidikannya. Tidaklah aneh, bila beberapa siswa internasional, terutama Indonesia memutuskan untuk kuliah di negara ini. Jumlah perguruan tinggi di Malaysia yang masuk daftar rangking dunia nyaris 2x lipat dari Indonesia. Ada sekitaran 24 perguruan tinggi dan sembilan salah satunya masuk ke hebat 500 dunia.

Sistem dan susunan pendidikan tinggi di Malaysia digerakkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi pada negara itu. Disamping itu banyak lembaga pendidikan di Malaysia yang sediakan beasiswa untuk siswa dari Indonesia. Universitas di Kuala Lumpur, Malaysia populer dengan rekam jejak dan kualitas pendidikannya. Tidaklah aneh, bila beberapa siswa internasional, terutama Indonesia memutuskan untuk kuliah di negara ini.

Daftar Universitas Terbaik di Wilayah Malaysia :

Universiti Berkebangsaan Malaysia

Universiti Berkebangsaan Malaysia adalah universitas Malaysia terbaik nomor 5 dan masuk ke dalam rangking ke-159 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini memiliki 3 kampus cabang kampus, yakni di Bangi, Cheras, dan Kuala Lumpur. Universitas ini adalah salah satu universitas penelitian populer di Malaysia.

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia, UTAR memiliki Sembilan fakultas, 110 program studi dan 32 pusat penelitian. Universitas swasta ini sudah ada semenjak 2002 kemarin. Untuk merajut rekanan sama-sama mahasiswa, kamu bisa meng ikuti beragam club mahasiswa atau UKM yang berbagai ragam. UKM di sini terbagi dalam komune yoga, komune pencinta robot hingga komune pertemanan internasional.

Universiti Teknologi malaysia

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) ada dalam rangking ke-188 dalam QS World Ranking 2024. UTM berdiri semenjak tahun 1972 dan sekarang ini memiliki kampus di Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Kuala Terengganu. UTM adalah salah satu universitas dengan penelitian sains dan teknologi terbaik di Malaysia. UTM memberi peluang luas ke mahasiswanya dalam penelitian, penelitian dan kerja sama pemerintahan

Universiti Putra Malaysia

Universitas terbaik di Malaysia selanjutnya adalah Universiti Putra Malaysia (UPM). Berdiri pada 1971, UPM terlebih dulu dikenali sebagai Universiti Pertanian Malaysia yang fokus pada bidang pertanian. Semenjak 1990-an, UPM mengadakan program studi lain dan sekarang memayungi 15 fakultas, 11 institut, dan dua sekolah.

HELP University

Sudah berdiri semenjak 1986 lantas, HELP University berusaha memberi pendidikan berkualitas yang dapat dijangkau untuk beberapa siswa. Bersamaan perubahannya, universitas ini sudah menjadi lembaga pendidikan tinggi terpenting di Malaysia dengan rekam jejak internasional yang bagus.

Universiti Teknologi PETRONAS

Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) adalah universitas Malaysia terbaik kedelapan dan menempati rangking ke-307 dalam QS World Ranking 2024. UTP berada di Seri Iskandar, Perak, Malaysia. Disamping itu, universitas ini adalah anak perusahaan yang seutuhnya dipunyai oleh PETRONAS, perusahaan minyak dan gas nasional Malaysia. UTP tawarkan beragam tingkatan pendidikan yang mencakup program sarjana, program magister, dan program doktor dalam beragam bidang teknologi. Mahasiswa memiliki peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam beberapa program yang direncanakan untuk penuhi tuntutan industri.

Baca Juga : Pentingnya Penerapan Implementasi Pendidikan Multikultural

Universiti Utara Malaysia

Universiti Utara Malaysia (UUM) ada pada rangking ke-538 dalam QS World Ranking 2024. UUM memiliki panggilan Universitas di Rimba Hijau, karena memiliki bukit-bukit yang namanya Kedah dengan rimba hujan yang istimewa. Hunters akan nikmati situasi tenang yang dekat sama alam selama kuliah di situ. Sejumlah jurusan terkenal di kampus ini salah satunya adalah Linguistics and Information Technology, Administrasi Usaha, Komunikasi, Komputer, Manajemen Industri Inovatif, dan Akuntansi.

Universiti Teknologi MARA

Universiti Teknologi MARA ada di rangking ke-555 dalam QS World Ranking 2024 dan menjadi universitas terbaik kesepuluh di Malaysia. Universiti Teknologi MARA adalah salah satu universitas di Malaysia yang punyai jurusan seni yang luas dimulai dari seni rupa, model, hingga film dan animasi. Sejumlah jurusan yang ditawari oleh kampus ini adalah Musik, Performing Arts, Seni dan Design, Architecture and Built Environment, Matematika dan Komputer Sains, Usaha dan Akuntansi, dan sebagainya.

Sumber : https://jurnal-bengawansolo.org/