Jurusan kuliah olahraga bisa dipilih beberapa siswa yang punyai hobi dan berpotensi di bidang tersebut. Ada banyak jurusan kuliah yang bergesekan dengan bidang olahraga. Prospek kerja lulusan olahraga tidak terus-terusan menjadi seorang olahragawan saja. Tapi jangan patah semangat dahulu, memiliki minat pada bidang olahraga gak harus menjadi olahragawan. Kenyataannya, terdapat beberapa pilihan profesi dan jurusan kuliah yang tetap terkait dengan dunia olahraga dan jasmani. Ingin tahu? Yok baca ulasannya berikut!

Saat kamu yang memiliki kesayangan pada olahraga tertentu, tentunya sebelumnya pernah mimpi agar bisa meniti karier di bidang olahraga itu sebagai olahragawan, kan? Tapi yang menjadi permasalahan, kamu bukan termasuk orang yang lumayan aktif saat lakukan aktivitas fisik. Jangankan turut latihan keras seperti olahragawan professional, naik tangga saja sudah.

Tapi jangan patah semangat dahulu gaes, memiliki minat pada bidang olahraga ‘gak harus menjadi olahragawan. Kenyataannya, terdapat beberapa pilihan profesi dan jurusan kuliah yang tetap terkait dengan dunia olahraga dan jasmani.

Universitas dengan Fakultas Olahraga Terbaik

Sesudah mengenali sepintas tentang sejumlah jurusan yang terkait dengan berolahraga, apa Brainies mulai berminat untuk mengambil salah satu jurusan di atas? Bila iya, berikut empat universitas favorit di Indonesia yang sediakan Fakultas Olahraga dan memiliki beberapa pilihan program studi:

  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) – Bandung
  • Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) – Surakarta
  • Universitas Negeri Malang (UM) – Malang
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ) – Jakarta
  • Universitas Riau (UNRI) – Riau

Jurusan Kuliah yang masih Berhubungan Dengan Dunia Olahraga dan Jasmani

1. Ilmu Keolahragaan

Jurusan pertama kali yang bisa menjadi opsi yakni jurusan Ilmu Keolahragaan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang olahraga dan kesehatan, seperti bagaimana olahraga dan kegiatan fisik bisa memengaruhi dan tingkatkan kesehatan baik secara fisik, psikis, atau sosial. Karena ruang cakup ilmunya yang lumayan luas, mahasiswa akan memiliki keahlian khusus di bidang kegiatan jasmani, manajemen olahraga, hingga therapy pemulihan fisik.

Walaupun jurusan ini memprioritaskan olahraga, sebenarnya kamu tidak hanya mempelajari olahraga saja, lho. Ada beragam jenis ilmu yang bisa dipelajari di jurusan ini. Dimulai dari Anatomi Manusia, Biokimia Olahraga, Psikologi Olahraga, Patofisiologi (ilmu yang mempelajari beberapa penyakit yang disebabkan karena abnormalitas fisiologi badan), bahkan juga kamu akan belajar tentang Senam, Renang, Pencak Silat, Dasar-Dasar Massage, Senam Aerobik, Olahraga Therapy Luka, dan ada banyak yang lain.

Baca Juga : Jurusan Astronomi – Informasi Kuliah & Prospek

2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jika kamu tertarik sama bidang olahraga dan pendidikan, jurusan ini bisa menjadi opsi yang pas! Di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, kamu akan dilatih untuk menjadi guru dan pelatih olahraga dengan kemampuan akademik, memiliki tanggung-jawab, dan bisa memperlihatkan semangat kerja yang lebih tinggi berdasar ilmu kepelatihan olahraga.

Karena gelar akademis yang akan didapat sesudah lulus kelak adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd), di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang ketrampilan dasar sejumlah cabang olahraga. Mata kuliah seperti Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kepelatihan Dasar Cabang Olahraga, dan Psikologi Pendidikan nanti kamu akan ketahui.

3. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Wisata (PJKR)

Selainnya jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Wisata (PJKR) bisa menjadi opsi untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada bidang olahraga dan pendidikan, nih. PJKR menyiapkan mahasiswanya untuk bisa menjadi pendidik sekalian periset pendidikan jasmani yang terkait dengan faktor fisik, kognitif, afektif, sosial psikomotor, kesehatan, nutrisi, fisiologi, dan ada banyak yang lain.

Mata kuliah yang akan diketemukan di jurusan ini benar-benar berbagai ragam, dimulai dari Ilmu Kepelatihan Dasar, Organisasi Sistem Laga, Pedagogi Olahraga, hingga mata kuliah olahraga seperti Bulu tangkis, Bola Basket, Sepak Bola, dan Senam.

Sama dengan jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, mahasiswa PJKR akan mendapat gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) saat lulus kelak. Profesinya juga tak terbatas pada guru olahraga saja, kamu bisa bekerja sebagai pelatih individu, pelatih olahragawan, pelatih olahraga, bahkan juga menjadi pebisnis yang membuat pusat fitness punya sendiri.

4. Olahraga Wisata

Kamu memiliki talenta di bidang olahraga, tetapi tidak memiliki spirit di bidang keguruan? Jurusan Olahraga Wisata mungkin bisa kamu pikirkan. Olahraga wisata sendiri adalah kegiatan fisik yang sudah dilakukan seorang dengan tujuan untuk mendapat kesehatan jasmani, kesehatan, keceriaan, membuat hubungan sosial, melestarikan dan tingkatkan kekayaan budaya wilayah dan nasional.

Jurusan Olahraga Wisata mengajari mahasiswanya beberapa hal berkaitan aktivitas jasmani, anatomi, fisiologi, nutrisi, keamanan, hingga keselamatan dan rileksasi. Prospek profesi untuk lulusan jurusan Olahraga Wisata lumayan luas, sejumlah salah satunya yakni:

  • Manajer tempat rekreasi
  • Koordinator acara olahraga
  • Pelatih
  • Tenaga pemasaran wisata
  • Konselor bidang wisata
  • Pemandu rekreasi (Tur guide)

5. Fisioterapi

Yap, selainnya ke-4 jurusan di atas, jurusan Fisioterapi bisa lho menjadi opsi! Jurusan Fisioterapi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari beberapa hal terkait dengan peranan gerak, dimulai dari langkah jaga peranan hingga rekondisinya. Hingga, jurusan Fisioterapi benar-benar diperlukan di bidang olahraga karena jurusan ini akan mempelajari anatomi badan manusia dan perannya.

Diberi dengan beberapa ilmu seperti Manual Terapi, Evidence-Based Practice Physiotherapy, Anatomi, Ilmu Gerak, sampai Psikologi Fisioterapi, lulusan jurusan ini tentunya benar-benar diperlukan oleh klinik, rumah sakit, atau pusat kesehatan. Seorang fisioterapis bisa meniti karier sebagai konselor service fisioterapi sebagaimana untuk olahragawan atau beberapa orang dengan penyakit tertentu.