Perguruan tinggi menjadi satu diantara fasilitas agar semakin dekat dengat harapan. Sebagai ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki universitas terbaik nya di 2023, tidaklah aneh bila Kota Mataram benar-benar maju dari sisi pendidikan. Daftar nama kampus di Kota Mataram menunjukkan hal itu bukan bualan semata Biasanya orang ingin tahu dengan rangking atau rangking 1 dalam hebat universitas di Nusa Tenggara Barat 2023 versus UniRank ini.

Perguruan Tinggi di Kota Mataram

Kumpulkan rekomendasi mengenai perguruan tinggi di Mataram relatif gampang karena wilayah ini adalah kota pariwisata yang terkenal.

Maka selain bisa menuntut ilmu secara baik, berkuliah di ibukota NTB ini sekalian adalah peluang bagus mengeksploitasi tujuan wisatanya. Seperti apakah daftar nama kampus di Kota Mataram yang paling direferensikan?

1. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Sebagian besar warga Mataram adalah muslim, hingga lumrah bila berdiri kampus berdasarkan Agama Islam di sini. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dahulunya adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kenaikan status kampus terjadi karena pembaruan secara stabil dari lembaga yang ada di Jalan Pendidikan No. 35, Kota Mataram, ini.
Opsi fakultas di UIN Mataram cukup variasi :

Fakultas Usluhuddin dan Studi Agama.
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Fakultas Ceramah dan Ilmu Komunikasi.
Fakultas Ekonomi dan Usaha Islam.
Fakultas Syariah.

2. Universitas Mataram

Kampus negeri selain UIN Mataram adalah Universitas Mataram. Gedungnya ada di Jalan Majapahit No. 62, Selaparang. Ada opsi tingkatan diploma, sarjana, dan pascasarjana di sini. Pilihan fakultas yang ada banyak juga :

Fakultas Kedokteran.
Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Fakultas MIPA.
Fakultas Hukum.
Fakultas Ekonomi dan Usaha.
Fakultas Teknik.
Fakultas Peternakan.
Fakultas Pertanian.

3. Sekolah tinggi Komune Negeri Mataram

Pada daftar nama kampus di Kota Mataram seterusnya adalah Sekolah tinggi Komune Negeri Mataram. Statusnya adalah kampus negeri dengan spesialiasi pendidikan tingkatan Diploma I. Alamatnya berada di Jalan TGH. Lopan No. 06, Labu Api. Program studi yang terdapat yakni D-1 Agrowisata dan D-1 Perhotelan. Sama sesuai ingat tingginya kekuatan pariwisata di Mataram.

4. Universitas 45 Mataram

Kampus selanjutnya adalah perguruan tinggi swasta Universitas 45 Mataram. Alamatnya berada di Jalan Veteran No. 10, Kota Mataram. Opsi program studinya meliputi : Agroteknologi, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintah, Ilmu Komunikasi, Budi daya Perairan, dan Pendayagunaan Sumber Daya Peraian. Tingkatan pendidikannya cuma ada untuk program sarjana.

Baca Juga : TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS SECARA OTODIDAK

5. Universitas Muhammadiyah Mataram

Organisasi masyarakat Islam Muhammadiyah membangun kampus di Mataram, persisnya ada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 01, Pagesangan. Terdaftar perguruan tinggi swasta ini mempunyai tujuh fakultas :

Fakultas Teknik.
Fakultas Kesehatan.
Fakultas Pertanian.
Fakultas Hukum.
Fakultas ISIP.
Fakultas Agama Islam.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

6. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram

Seterusnya, dalam perincian nama kampus di Kabupaten Mataram, ada IKIP yang beralamat di Jalan Pemuda No. 59A, Dasan Agung Baru. Untuk tempat kuliah berkredibilitas bagus, perguruan tinggi swasta ini mempunyai fakultas :

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan.
Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat.
Fakultas Budaya, Manajemen, dan Usaha.
Fakultas Kedokteran Hewan.

Khusus untuk fakultas yang fokus ke pendidikan telah kantongi akreditasi B. Sementara untuk fakultas yang lain termasuk sebagai program studi tambahan baru berakreditasi C.

7. Universitas Bumigora

Kampus ini awalnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informasi dan Komputer (STMIK) Bumigora. Alamatnya berada di Jalan Ismail Marzuki No. 22, Cilinaya, Cakranegara. Program studi di Universitas Bumigora meliputi :

Prodi Teknik Informatika (D-3 dan S-1).
Prodi Desain Komunikasi Visual.
Prodi Manajemen Informatika.

Tidak terlalu berlebih jika menyebutkan Mataram sebagai kota pendidikan dari Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut tercermin terang pada daftar nama kampus di Kota Mataram yang memiliki rekam jejak bagus dan disukai. Ditambahkan agunan biaya pendidikan dapat dijangkau pasti tidak perlu cemas untuk meneruskan pendidikan di salah satunya kampus di atas.