Untuk lulusan SMP yang ingin meneruskan pendidikan ke tingkat selanjutnya, bisa pilih meneruskan di SMA, STM dan SMK, Jurusan SMK ditujukan untuk pelajar yang ingin mempunyai ketrampilan tertentu di satu bidang, contohnya kecantikan, teknik, atau perkantoran. Nach, jika kamu merencanakan untuk segera kerja sesudah lulus sekolah menengah, karena itu masuk SMK adalah lokasi yang pas untuk menyiapkannya. Karana SMK fokus pada praktik kerja riil. Lalu, apa jurusan SMK yang dapat jadi opsi kamu? Baca ulasan berikut sebagai rekomendasi.

Daftar Jurusan SMK yang Gampang Memperoleh Pekerjaan

Untuk kamu yang merencanakan untuk meneruskan pendidikan di SMK, berikut keterangan berkenaan beberapa macam jurusan SMK yang gampang memperoleh Pekerjaan dan banyak disukai di Indonesia. Siapa yang tahu menjadi rekomendasi, yok baca!

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK yang pertama yakni administrasi perkantoran. Prospek karier untuk jurusan administrasi perkantoran salah satunya seperti, admin, penerima tamu, atau sekretaris. Pada jurusan ini, kamu nanti bukan hanya belajar berkenaan pekerjaan yang berkaitan dengan perkantoran, seperti pekerjaan-menugas. Kamu akan belajar berkenaan norma dasar di lingkungan di lingkungan kerja, dimulai dari langkah mengusung telephone, public speaking yang bagus waktu merepresentasikan Pekerjaan, sampai bagaimanakah cara mempersiapkan kepentingan agar rapat.

2. Akuntansi

Selain administrasi perkantoran, jurusan SMK yang banyak disukai seterusnya adalah akuntansi. Ya, saat masuk jurusan ini, kamu akan belajar berkenaan pengetahuan teoritis sekalian praktek ilmu akuntansi dari dasar. Prospek karier untuk jurusan ini lumayan bagus, lho. Masalahnya tiap perusahaan pasti memerlukan jasa akuntan untuk atur masalah keuangan. Upahnya juga termasuk tinggi, untuk lulusan SMK yakni sekitaran Rp3-5 juta /bulannya.

3. Farmasi

zinkevych on freepik
Farmasi adalah jurusan yang cukup terkenal sebagai opsi pelajar untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi. Tetapi, rupanya sejumlah SMK sediakan jurusan ini, lho. SMK farmasi konsentrasi untuk pelajari mengenai ilmu biologi dan kimia untuk produksi beberapa obat. Selain itu, dalam jurusan farmasi, kamu akan belajar berkenaan sangkut-paut administrasi kesehatan. Hingga, saat lulus kamu siap jadi pendamping apoteker dan pahami ketentuan berkenaan distribusi beberapa obat.

4. Keperawatan

Jurusan SMK yang ini berkaitan dengan kesehatan. Ya, SMK perawatan adalah jurusan yang banyak dicari oleh pelajar. Ini karena prospek kerja seorang perawat cukup lebar terbuka, salah satunya pendamping laboratorium, pendamping dental, atau perawatan home peduli.

Upah seorang perawat cukup tinggi, lho. Belum juga bila ditambahkan sokongan yang didapat, yakni sekitaran Rp5-7 juta /bulan. Bila jadi pelajar SMK perawat, nanti kamu akan pelajari mengenai tipe penyakit umum, langkah membaca hasil lab, dan yang paling penting langkah berbicara dengan pasien.

5. Multimedia atau Desain Grafis

Bila kamu memiliki cita-cita menjadi seorang content creator, karena itu jurusan SMK yang satu ni dapat kamu tentukan untuk memberikan dukungan ketrampilanmu dalam soal multimedia. Desain grafis termasuk salah satunya jurusan SMK yang gampang memperoleh Pekerjaan, karena kamu berkesempatan untuk membentuk bisnis sendiri lewat kemampuan ini. Dalam jurusan MM, yakni kependekan untuk nama jurusan SMK Multimedia, kamu akan belajar banyak berkenaan bagaimanakah cara memakai software koreksi seperti Adobe Photoshop atau After Efeks. Selain itu, waktu masuk jurusan Multimedia, kamu akan dituntut untuk mempunyai kreasi yang lebih tinggi.

Baca Juga : Langkah Tentukan Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Minat dan Bakat

6. Usaha dan Marketing

Jurusan SMK yang gampang memperoleh Pekerjaan seterusnya adalah Usaha dan Marketing. Dengan mempunyai kekuatan di bidang ini, kamu akan mempunyai peluang besar untuk bekerja darimanakah saja alias kamu bisa buka usahamu sendiri! Saat masuk jurusan usaha dan pemasaran, kamu akan pelajari beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan usaha. Salah satunya yakni, keterampilan saat mengurus usaha, pengembangan produk, administrasi transaksi bisnis, dan ada banyak yang lain.

7. Perhotelan

Di SMK perhotelan, kamu akan banyak belajar hal, tidak cuma mengenai langkah melakukan pemeliharaan hotel, tapi juga meliputi langkah berbicara yang bagus, pariwisata, housekeeping, bahasa asing, tata boga, sampai administrasi perhotelan. Seiring dengan pariwisata di Indonesia yang makin mengalami perkembangan, jadi lebih banyak juga jumlah hotel dan fasilitasnya. Yang mana bermakna keperluan akan tenaga kerja pada bidang ini kan makin tinggi . Prospek kerja untuk pelajar jurusan perhotelan salah satunya seperti penerima tamu, room servis, pendamping koki, dan lain-lain.

8. Tata Boga

jurusan smk tata boga
Freepik
Selain tata baju yang konsentrasi pada mode desain, SMK sediakan jurusan yang pas bila kamu suka mengolah. Ya, tata boga adalah salah satunya jurusan yang menggembirakan karena kamu bisa banyak melakukan eksperimen mengenai beberapa menu baru.

Tetapi, tata boga tidak terbatas untuk belajar masak saja, tapi kamu akan pahami mengenai langkah penyuguhan sajian, ukuran nutrisi, sampai pengelolaan usaha kulineran. Lantas, bagaimana sesudah lulus? Nach, kamu menjadi koki atau pendamping koki di restaurant atau buka usaha kulineran sendiri.

9. Eksperimen Piranti Lunak

Jurusan eksperimen piranti lunak kuat hubungannya dengan teknik informatika, yakni ilmu yang pelajari sekitar pembikinan dan pemeliharaan piranti lunak. Satu perihal yang tidak lepas dari jurusan yang ini, yakni pelajaran berkenaan coding, algoritme, dan desain.

Sekarang, seiring perubahan jaman yang makin kekinian dan ke arah digitalisasi, kekuatan ini sering diperlukan oleh perusahaan. Karier yang menunggu untuk jurusan eksperimen piranti lunak seperti software engineer, developer, atau programmer. Bila kamu berminat untuk pelajari lebih saat berkenaan piranti lunak, terutama bila kamu ingin jadi seorang software developer, yok ikutinya kelas pengembang software di Mahir Upskill!

10. Keuangan Syariah

SMK sediakan jurusan perbankan lho, termasuk perbankan/keuangan syariah . Banyak hal yang hendak dipelajari bila pilih jurusan ini salah satunya adalah instansi keuangan syariah, dasar ekonomi syariah, asuransi syariah, sampai norma servis nasabah bank.