Prabowo Kalah, Rencana Pulangkan Rizieq Kandas

Prabowo berjanji, jika menang Pilpres 2019 ia akan jemput Rizieq Shihab dengan helikopter

Sebelumnya calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji akan memulangkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari Mekkah, Arab Saudi. Namun akhirnya putusan Mahkamah Konstitusi menentukan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tetap sebagai paslon terpilih.

Dilansir melalui CNNIndonesia.com, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Muhammad Martak menlia bahwa saat ini belum waktunya untuk membicarakan kepulangan Rizieq Shihab.

“Belum perlu dibicarakan saat ini di saat umat masih merasa dizalimi hak-haknya,” ucap Yusuf.

Namun ia tak secara jelas dan spesifik indikasi-indikasi ‘umat’ terzalimi itu.

Sebelumnya, Prabowo pernah menyepakati 17 poin dengan GNPF Ulama dan berjanji akan melaksanakannya jika memenangkan Pilpres 2019. Kesepakatan itu terjalin saat Ijtima Ulama II pada 16 September 2018.

Salah satu poin yang disepakati itu adalah melakukan proses rehabilitasi, menjamin kepulangan, dan juga memulihkan hak-hak Rizieq Shihab sebagai warga negara Indonesia. Hal itu tercantum dalam poin 16.

Namun saat MK memutuskan bahwa Jokowi-Ma’ruf tetap memenangkan Pilpres 2019, janji-janji yang disepakati Prabowo dengan GNPF Ulama menjadi tak pasti atau tanda tanya perihal kelanjutannya, salah satunya soal kepulangan Rizieq ke Indonesia.

Yusuf sendiri belum mau bicara banyak soal janji Prabowo memulangkan Rizieq. Ia mengaku belum ada pembicaraan dengan Prabowo soal kepulangan Rizieq seperti kesepakatan saat Ijtima Ulama II.

“Belum ada pembahasan tentang hal tersebut. Kalau sudah saatnya akan saya update,” tutur Yusuf.

Saat persidangan MK diketahui setidaknya ada dua spanduk yang bergambar Rizieq Shihab. Spanduk pertama diketahui setinggi 1,5 meter dengan warna putih yang berisi gambar sketsa wajah Rizieq. Spanduk itu berisi tulisan ‘Ummat Membutuhkan Habib Rizieq, Pulanglah Habib’.

Pada spanduk kedua terlihat foto Rizieq setengah badan setinggi 1,5 meter. Spanduk itu bertuliskan ‘Indonesia Memanggil Habib Rizieq, Pulanglah Habib’.

Selain itu para peserta aksi yang berbusana khas muslim, seperti baju koko, kopiah dan jilbab melantunkan selawat dan menyanyikan sebuah lagu yang liriknya meminta pemimpin FPI Rizieq Shihab dipulangkan.

Salah satu orator aksi pun menyampaikan harapannya agar Rizieq bisa secepatnya pulang ke Indonesia karena masyarakat sudah rindu.

“Semoga beliau bisa cepat pulang ke Indonesia dan membawa rahmat Allah untuk NKRI. Kami rindu, kami cinta, sampai Indonesia kembali lagi penuh dengan harkat martabat dan barokah, takbir!” seru orator tersebut.

Rizieq Shihab diketahui berada di Mekkah, Arab Saudi sejak Mei 2017. Ia pergi ke Mekkah dua minggu setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan konten pornografi. Lalu pada 2018 polisi menerbitkan SP3 kasus tersebut. Menurutmu, usai Prabowo kalah, bagaimana rencana soal memulangkan Rizieq Shihab?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: