Rencana Redenominasi Uang Rupiah Indonesia dari Rp. 1000 ke Rp 1 Akankah Dilakukan?

Rencana Redenominasi Rupiah Akankah Dilanjutkan
Rencana Redenominasi Rupiah Akankah Dilanjutkan

BeritaPasti.com – Apa itu Redenominasi? mungkin untuk para pakar ekonomi kata tersebut sudah umum dan sering digunakan baik dalam pembicaraan sehari – hari. Namun bagaimana untuk masyarakat Indonesia pada umumnya? berdasarkan sumber dari Wikipedia, Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Pada waktu terjadi inflasi, jumlah satuan moneter yang sama perlahan-lahan memiliki daya beli yang semakin melemah.

Dengan kata lain, harga produk dan jasa harus dituliskan dengan jumlah yang lebih besar. Ketika angka-angka ini semakin membesar, mereka dapat memengaruhi transaksi harian karena risiko dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh jumlah lembaran uang yang harus dibawa, atau karena psikologi manusia yang tidak efektif menangani perhitungan angka dalam jumlah besar.

Thumbnail Rencana Redenominasi Uang Rupiah Indonesia dari Rp. 1000 ke Rp 1 Akankah Dilakukan

Indonesia sudah memiliki rencana sejak lama untuk membuat mata uang Rupiah yang sering kita gunakan lebih sederhana lagi. Bagaimana caranya? penyerdehanaan angka nol atau sering disebut Redenominasi. Singkat katanya adalah mengubah dari Rp. 1.000 menjadi Rp. 1.

Dari apa yang sudah dinyatakan oleh pihak BI “Pelaksanaan dari Redenominasi Rupiah, saat ini masih dalam kajian beberapa lembaga terkait, untuk proses selanjutnya menunggu arahan dan kebijakan dari pemerintah lebih lanjut,”. Namun apakah benar hal tersebut memang benar tidak sedang dikaji?

Rencana Redenominasi Rupiah Akan Dimulai Januari 2020
Rencana Redenominasi Rupiah Akan Dimulai Januari 2020

Di bawa kepemimpinan dari Perry Warjiyo, ia sempat memaparkan untuk melanjutkan rencana tersebut walaupun mungkin memang tidak dalam jangka waktu dekat. Hal tersebut dikarenakan RUU belum jadi dan tak masuk prolegnas. Jika dikutip kembali dari berita hangat yang sempat mencuat hingga ke media sosial pada tanggal 4 April 2018, redenominasi ini sudah direncanakan sejak Deputi Gubernur Senior masih dijabat oleh Darmin Nasution yang saat ini Menko Perekonomian dan dari kabar yang ada plan tersebut sudah rampung lebih dari 50%.

Redenominasi yang direncanakan ini tidak akan mengubah nilai uang namun hanya membuatnya lebih mudah dan ringkas saja. Nilai uang maupun barang hanya akan dihilangkan angka nol-nya saja.

Salah satu contohnya adalah jika anda memiliki uang Rp 100.000 dan bisa digunakan untuk membeli 5 buah bungkus rokok Gudang Garam, maka dengan adanya redenominasi maka 3 angka nol akan dihilangkan dan menjadi Rp 100. Namun peranannya akan tetap sama dan anda masih tetap dapat membeli 5 buah bungkus rokok Gudang Garam.

Sumber :
wikipedia.com
finance.detik.com
cbncindonesia.com

Informasi ini dipersembahkan oleh PastiPoker | Poker99 | PokerCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *