Brasil Dijamin Pasti Akan Lolos Semi Final Copa America

BeritaPasti.com – Timnas Brasil memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke semifinal Copa America 2019 usai mengalahkan Paraguay melalui drama adu penalti yang berakhir 4-3 di Stadion Do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6). Berikut lima momen penting laga Brasil vs Paraguay.

Bukan hal mudah buat Brasil untuk lolos ke semifinal. Meski bermain di kandang, suporter selalu memberikan cemooh di setiap penampilan Negeri Samba itu.

Namun hal itu tidak menjadi alasan penampilan tim besutan Adenor Leonardo Bacchi alias Tite ini jadi menurun. Roberto Firmino dan kawan-kawan tetap fokus untuk bisa tampil terbaik.

BeritaPasti Pekan Brazil Dijamin Pasti Akan Lolos Semifinal Copa America

Usai menang 3-0 atas Bolivia, Brasil hanya mampu menahan imbang Venezuela 0-0 di laga kedua Grup A. Kemudian Brasil menang telak 5-0 atas Peru sekaligus memastikan diri sebagai juara grup.

Selanjutnya, Brasil masih menunggu lawan yang bakal dihadapi di semifinal Copa America 2019. Di babak perempat final lainnya, Venezuela bakal berhadapan dengan Argentina, Sabtu (29/6) dini hari WIB.

5 Momen Penting Brasil Lolos ke Semifinal Copa AmericaAlisson Becker menREUTERS/Henry Romero

1. VAR Batalkan Penalti untuk Brasil

Pertandingan antara Brasil melawan Paraguay berakhir tanpa gol sampai 90 menit waktu normal. Sebenarnya, Brasil bisa menang tanpa adu penalti setelah wasit menujuk titik putih setelah pelanggaran yang dibuat Fabian Balbuena kepada Roberto Firminho di menit 54.

5 Momen Penting Brasil Lolos ke Semifinal Copa America
Namun, wasit juga yang akhirnya membatalkan hadiah penalti usai melihat Video Assisten Referee (VAR) dua menit kemudian. Dalam tayangan ulang diketahui ternyata lokasi pelanggaran yang diterima Firminho berada sedikit di luar garis kotak penalti.

2. Kartu Merah Pemain Paraguay

Brasil juga diuntungkan dari sisi jumlah pemain. Paraguay harus bermain dengan 10 pemain setelah bek Paraguay, Balbuena disanksi kartu merah oleh wasit, Roberton Tobar dari Chile di menit ke-56.

Sejak itu, Brasil lebih leluasa untuk mengobarak-abrik pertahanan Paraguay meskipun tidak ada gol yang tercipta sampai 90 menit waktu pertandingan berakhir.

3. Firmino Gagal Eksekusi Adu Penalti

Firminho yang merupakan salah satu eksekutor andalan Brasil pada saat penalti justru gagal memanfaatkan kesempatan. Tampil sebagai algojo keempat, tendangannya justru melenceng ke arah kanan gawang yang dijaga Robert Fernandez.

Algojo penalti Brasil lainnya mampu mencetak poin kemenangan yakni, Willian, Marquinhos, Philippe Coutinho dan Gabriel Jesus.

4. Becker dan Jesus Tentukan Kemenangan Brasil

Alisson Becker dan Gabriel Jesus jadi penentu kemenangan Brasil. Meski hanya sekali melakukan penyelamatan di waktu pertandingan normal, tapi kiper Liverpool itu melakukan aksi penyelamatan sebanyak dua kali pada saat adu penalti.

Becker mampu menghalau bola tendangan dari dua algojo Paraguay, Gustavo Gomez. Gomez sebagai penendang pertama serta Gonzalez yang jadi eksekutor terakhir.

Sedangkan Jesus menjadi penentu kemenangan Brasil usai tendangan penaltinya ke gawang Robert Fernandez bisa dieksekusi dengan baik. Terlebih, Jesus merupakan penendang terakhir setelah Firmino gagal mengeksekusi tendangan penaltinya.

5. Injury Time Tujuh Menit di Babak Kedua

Wasit asal Chile, Roberto Tobar memberikan perpanjangan waktu di babak kedua selama tujuh menit. Lazimnya, wasit paling lama bakal memberikan tambahan waktu selama lima menit.

Lihat juga: 5 Pemain Muda Liga Prancis Siap Gebrak Bursa Transfer
Selain itu, regulasi di Copa America juga meniadakan babak tambahan waktu 2×15 menit. Jika pada waktu normal berakhir imbang, pertandingan langsung dilanjutkan melalui babak penalti.

Hal ini juga turut disebut menjadi keberuntungan buat Brasil yang para pemainnya sebagian besar tampil di kompetisi elite di Eropa. Secara mentalitas, pemain Brasil lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan lewat penalti.

Sumber : cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: