Jumlah Orang Kaya Dia Asia Pasifik Menurun di Tahun 2018

Jumlah Orang Kaya Dia Asia Pasifik Menurun di Tahun 2018

BeritaPasti.com – Crazy Rich Asians adalah salah satu novel ternama yang akhirnya dibuat menjadi film tentang sosok orang kaya dari Asia. Namun apakah anda tahu jika tahun 2018 lalu adalah tahun dimana banyak sekali miliuner yang kehilangan gelar mereka sebagai orang kaya.

Banyak diantara mereka kehidupannya turun drastis dikarenakan bisnisnya merugi menurut Wealth-X. Setidaknya ada 109 miluner yang tidak lagi menjadi Crazy Rich Asian.

Hasil sensus Wealth X mencatat jumlah miliuner dunia turun 13% dan total kekayaan menurun hingga 8% di tahun 2018. Beberapa negara yang terkena dampaknya adalah 4 negara terpadat di kawasan Asia Pasifik yaitu Cina, Hong Kong, India dan Singapura.

Hasil yang sangat bertolak belakang jika dibandingkan dengan sensus 2017 dimana banyak orang dari kawasan Asia Pasifik mencetak orang kaya baru dibandingkan dengan negara lainnya. Dari sumber dan juga fakta – fakta yang beredar, salah satu penyebabnya adalah perselisihan tarif AS – Cina yang sedang berlangsung sehingga menggoyang pasar negara dan mengakibatkan sejumlah kerugian fantastis.

Amerika Utara adalah satu-satunya wilayah yang mencatat pertumbuhan, dengan populasi orang kaya naik 3%. Miliuner AS khususnya diuntungkan dari suku bunga yang lebih tinggi dan paket reformasi pajak administrasi Trump, tulis laporan itu.

Meskipun mengalami kerugian tahun ini, wilayah Asia-Pasifik tetap menjadi rumah bagi 4 dari 15 negara teratas berdasarkan populasi miliuner mereka.

Cina terus membanggakan kumpulan miliuner terbesar kedua di dunia setelah AS. Dengan 285 miliuner menikmati kekayaan dengan total U$ 996 miliar, ekonomi terbesar kedua dunia itu berada jauh di atas tempat ketiga di Jerman dan menyumbang 12% miliuner secara global.

Hong Kong, wilayah semi-otonom Cina, masuk sebagai negara terpadat ketujuh bagi miliuner. Dengan 87 miliuner, kota itu juga disebut sebagai kota miliuner terpadat kedua setelah New York City, yang memiliki 105 miliuner.

India jatuh empat level tahun ini dan muncul di tempat kedelapan dengan 82 miliuner. Sementara itu, Singapura mempertahankan posisi ke 15 di antara negara-negara meskipun populasi miliunernya turun menjadi 39 orang.

Sumber ► cnbcindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: